Klinik Tasche winter baby (Barang yang perlu dibawa saat akan melahirkan di musim dingin)

Artikel ini aku tulis dengan tujuan bantu bu-ibu sekalian yang bakal lahirin anaknya mungkin di eropa atau negara bagian lain saat winter. Haha. Sebagai seseorang yang berasal dari negara tropis Indonesia, saat aku tau bakal lahirin anak saat winter, aku bingung barang apa aja yang harus aku persiapkan untuk si baby. Search sana sini gak nemu jawaban yang tepat, sehingga aku tulis artikel ini buat ibu-ibu yang juga kebingungan kayak aku. Hahaha.

Aku sendiri lahiran di salah satu Rumah Sakit di Berlin dan anakku lahir di bulan November. Waktu itu suhunya kira-kira 4-5 derajat celcius di Berlin. Lalu, barang apa saja yang harus disiapkan untuk si baby juga mamanya? Yang pertama untuk si baby:

  1. Car seat. Itu udah pasti. Di Eropa harus harus harus banget bawa car seat atau baby schale saat bawa pulang baby dari RS.
  2. Selimut untuk bungkus bayi di car seat saat akan dibawa ke mobil nantinya.
  3. Pakaian yang akan dikenakan baby saat keluar RS
  4. Jaket atau winter overall
  5. Spucktücher/kain gumoh paling 1-2 buah kalau-kalau si baby gumoh saat di perjalanan pulang
  6. Kaos kaki untuk winter bukan untuk sneakers
  7. Strumpfhose (bebas mau pakai atau tidak, kalau aku nggak)
  8. Mütze / topi baby untuk winter
  9. Sarung tangan winter

Udah itu aja untuk baby. Jangan bawa kebanyakan. Haha, karena akan sangat ribet nantinya. Kalau aku dulu di RS udah disediakan baju baby, pampers, dan kebutuhan baby lainnya, sehingga aku gak perlu bawa kebutuhan baby selama nginep di RS dan hanya perlu bawa barang-barang untuk si baby saat akan keluar RS. Tapi sebaiknya tanya ke RS /klinik masing-masing apa saja yang disediakan disana. Selanjutnya untuk mamanya:

  1. Alat mandi tentunya, sisir jangan lupa + deodorant
  2. Still BH/BH khusus ibu menyusui. Ini sangat berguna karena tiba-tiba aja payudara bakal membesar setelah melahirkan. Haha. Dan baby bakal ingin nyusu berkali-kali. Agak susah juga kalau pakai BH biasa.
  3. Softex khusus setelah melahirkan. Sebenernya disediakan di RS, tapi untuk jaga-jaga kalau di perjalanan bocor, aku bawa beberapa.
  4. Sendal WC. Penting banget, apalagi kalau satu kamar dengan orang lain. Kita kan gak tau orang lain itu sebersih apa.
  5. Baju tidur berkancing 2-3 buah. Tergantung berapa hari kamu nginap. Perhitungan aku sih 1 hari 1 baju + 1 baju cadangan
  6. Celana tidur panjang juga 2-3 buah. Sama seperti baju tidur hitungannya.
  7. Handuk untuk mandi dan 1 handuk tambahan untuk bersih-bersih badan setelah lahiran. Karena handuk itu nantinya akan ada cukup banyak darahnya jadi pasti butuh 2 handuk.
  8. Lip balm, karena kalau nervous kemungkinan besar bibir akan kering, jadi sangat bagus untuk sering-sering pake lip balm agar bibir gak kering.
  9. Iket rambut. Biar waktu lahiran ato baru ada baby gak rempong sama rambut. Haha.
  10. Stilleinlagen/sejenis softex khusus payudara? Entahlah. Haha. Agar air susu nya gak merembes ke baju.
  11. Kaos kaki dan Hausschuhe
  12. Brustwarzensalbe, kalau-kalau puting luka saat pertama kali menyusui karena mama dan baby belum jago nyusuin.
  13. Handcreme
  14. Pakaian yang akan dipakai saat pulang. Pastinya jangan pake jeans sempit dulu ya bu-ibuuu.. Badan bakal belum kembali ke semula sampe 2-3 bulan pertama nih. Haha.
  15. Snack
  16. Handphone dan charger
  17. Buku atau apapun yang disukai. Karena waktu aku tunggu kontraksi dulu cukup lama, 10 jam mungkin dan belum terlalu sakit, jadi bisa dipakai waktunya untuk baca buku atau main game haha
  18. dan yang terpenting: Aufenthaltstitel, Passport, Mutterpass, dan Krankenversicherungskarte.

Sekian tips dari aku untuk bu-ibu yang bakal lahiran winter. Haha. Semangat!!!

Follow our Insta :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s