Liburan di Hamburg

Dengan alasan bosan, ingin keluar dari Berlin, maka kami memutuskan untuk pergi ke Hamburg. Kota Hamburg yang terkenal dengan keindahan perairannya terletak cukup dekat dengan Berlin. Perjalanan kami ke Hamburg dengan bus memakan waktu sekitar 3 sampai 4 jam dengan harga tiket yang menurut kami cukup murah, sekitar 30€ pp.

Kami cukup khawatir selama perjalanan ke Hamburg, dikarenakan cuaca yang tiba-tiba memburuk. Hujan sepanjang perjalanan, bahkan angin. Sepanjang perjalanan kami hanya berdoa agar saat kami sampai di Hamburg, cuaca bisa membaik, setidaknya tidak hujan cukup. Dan doa kami pun dikabulkan. Saat kami sampai di Hamburg, cuaca membaik. Cukup dingin dan mendung, tapi hujannya berhenti. Betapa bahagianya kami saat itu. Waaaaaa >.<

Cuaca Hamburg yang cukup baik, bahkan langitnya biru – Port of Hamburg

Kami sampai di Hamburg pada pukul kurang lebih 10 pagi. Tanpa sarapan, bangun subuh untuk naik bus pagi, perut kami pun akhirnya berteriak minta diisi. Setelah searching di google pada malam harinya, kami memutuskan untuk mengunjungi Port of Hamburg atau pelabuhan karena disana terdapat roti isi ikan yang katanya harus dicoba kalau datang ke Hamburg. 😀

Roti isi ikan Zander yang diberi tepung panir dengan harga 6€
Yang ini isi Salmon, harganya 8,5€

Setelah sekian lama mencari, kami pun berhasil menemukan toko yang menjual roti yang terkenal ini, tanpa berpikir panjang dan karena melihat harga yang dipasang hanya 3€, kami memilih dengan sembarangan. Ketika kami akan membayar, kami dikejutkan dengan harga total yang menjadi 13€. Ternyata, harga 3€ itu untuk roti isi lainnya T.T Tapi tidak apa-apa sih, roti dan ikannya juga enak. >.< Setelah makan? Foto-foto tentunya untuk memperindah feed Instagram 😛

Setelah puas dengan foto-foto di pelabuhan, kami melanjutkan perjalanan lagi ke tujuan kami selanjutnya, yaitu Planten un Blomen yang kalau diartikan Planten = tumbuhan, Blomen = Bunga. Jadi tahu lah ya kira-kira tempat apa itu. Tempat tersebut merupakan taman Jepang terbesar di Eropa dengan air mancur menari yang diadakan 2 kali sehari sebagai salah satu atraksinya.

di dekat pintu masuk Planten un Blomen

Tamannya indah dan sangat luaaasss sehingga di taman tersebut dibagi menjadi beberapa bagian. Karena kami tidak memiliki banyak waktu dan tujuan kami sebenarnya hanya ke taman Jepangnya, maka kami melewatkan bagian lain dan langsung menuju ke taman Jepang.  Sayangnya, tidak lama setelah kami masuk kedalam taman, hujan kembali turun sehingga kami tidak bisa berfoto dengan leluasa karena kemana-mana harus pakai payung T.T Bahkan atraksi air mancur menari yang katanya biasanya dipenuhi pengunjung pun, hari itu sangat sepi sehingga hanya kami berdua yang menonton atraksi tersebut dibawah hujan yang lebat dan cuaca dingin.

Tidak lama berada disana karena hujan yang tidak kunjung berhenti dan disana cukup dingin karena tidak ada gedung sampai anginnya menusuk tulang, kami melanjutkan perjalanan kami selanjutnya ke Rathaus Hamburg sekalian berteduh.

di pinggir Rathaus Hamburg dengan langit yang sudah menjadi abu sekalian menunggu hujan berhenti
foto yang akhirnya harus pakai payung karena hujan yang tak kunjung berhenti~

Kami berdoa sepanjang jalan menuju Rathaus agar setidaknya 5 menit saja hujan berhenti agar bisa mendapat satu foto bagus. Dan lagi-lagi dikabulkan. Hujan sempat berhenti sekitar 5-10 menit sehingga kami bisa mendapat foto yang cukup bagus. Yuhuuu~

Lagi-lagi tidak terlalu lama berada disana karena hujan, kami melanjutkan perjalanan selanjutnya menuju Warehouse District atau daerah penyimpanan yang cantiiiikkk dengan bangunan menggunakan batu bata merah yang menjadi ciri khas nya.

Bersyukur sekali lagi karena hujan yang sekali lagi berhenti saat kami berada ditempat ini, walaupun tidak lama kemudian turun lagi, setidaknya kami sudah punya beberapa foto untuk instagram 😛

Masih ada beberapa tempat yang sebenarnya sangat ingin kami kunjungi, seperti Fischmarkt, Elbphilharmonie, dll. Sayangnya, cuaca begitu dingin hari itu, bahkan saat kami menuju ke Fischmarkt, badai tiba-tiba datang dan kamipun basah kuyup, dan sialnya lagi, sudah basah kuyup, Fischmarkt nya sudah tutup. Jadi sia-sia lah kami hujan-hujanan kesana. Hahaha. Kami juga sempat melewati Repperbahn yang terkenal, yaitu daerah nightlife yang terkenal di Jerman, tapi kami tidak sempat foto karena takut dimarahi karena itu daerah yang cukup keras juga hujan deras yang mengguyur.

Lelah dan kedinginan karena hujan dan lari-lari, akhirnya kami memutuskan untuk menghentikan perjalanan, mencari makan sambil menunggu bus di Hauptbahnhof (Stasiun utama). Mungkin lain kali kami akan ke Hamburg lagi dan mengunjungi tempat-tempat yang belum sempat kami kunjungi. Cheers 😀

Gereja yang terlihat dari atas jembatan penyebrangan dan sedang direnovasi
Gereja yang tidak sengaja terlewati saat akan pulang 😛