FAQ Ausbildung dan Aupair di Jerman

Karena banyaaaakkk orang yang nanya seputar hal ini lewat DM, maka aku tulis aja disini biar yang lain juga tau. Hehehe.

Ausbildung itu apa? jadi, di Jerman ada beberapa pekerjaan dimana kamu harus ikut Ausbildung untuk bisa masuk ke bidang pekerjaan tersebut. Ada banyak pekerjaan yang melalui Ausbildung, gak cuma gastronomi aja. Lengkapnya pekerjaan apa aja bisa diliat di ausbildung.de

Aupair itu apa? Kalau Aupair, kamu bekerja membantu mengurus anak di keluarga di Jerman dan tinggal bersama keluarga tersebut dengan kontrak 1 tahun dan kamu juga diperbolehkan ikut sekolah bahasa selama masa Aupair tersebut.

Kakak ikut Ausbildung dan Aupair lewat agen gak? Nggak. aku mandiri, cari semuanya sendiri saat di Indonesia

Kalau ikut agen gimana menurut kakak? Aku gak tau karena aku sendiri gak pernah lewat agen. Tapi kalau aku pribadi sih, aku ogah bayar puluhan juta buat agen yang padahal program nya sendiri gratis bahkan kita yang dapet uang. Haha. Lagian sekarang udah jaman internet, cari apapun di internet ada. Haha.

Gimana cara cari sendiri kak? Untuk Aupair aku cari keluarga di internet. Website yang aku pake lupa apa, tapi aku liat di internet udah banyak website untuk cari keluarga yang butuh Aupair, tinggal klik dan cari, nantinya akan interview dengan keluarganya dll lewat video call.

Bahasa saat interview apa kak? Tiap keluarga beda tentunya, maka dari itu saat melamar baca dulu keluarganya ingin kriteria seperti apa. Misalnya ingin yang mahir berbahasa Jerman ya tentu interview nya akan dalam bahasa Jerman. Tapi misalnya dia butuh Aupair berbahsa Inggris ya mungkin interview nya akan dalam bahasa Inggris.

Cara cari Ausbildung sendiri gimana kak? Kalau aku, cari Ausbildung saat udah ada di Jerman saat sedang Aupair. Aku cari di internet dengan key word ‘Ausbildungsstelle Berlin Koch’ atau pekerjaan lain tinggal ganti Koch nya atau kalau kamu bebas ingin kerja dimana aja, ya ga usah tulis Berlin nya. Terus tinggal kirim lamaran seperti kalau kamu mau melamar kerja. Ijazah, surat lamaran, sertifikat, dll. Dalam bahasa apa? tentunya bahasa Jerman. Nanti kalau cocok akan diajak interview. Kalau di Indo tanya aja apa bisa lewat video call, karena kamu masih di Indo, bilang aja gitu. Tapi yang pasti kalau kamu gak ada di Jerman, lebih susah, karena Ausbildung sampai sekarang masih memprioritaskan orang Jerman.

Semua website tentang Aupair dan Ausbildung dalam bahasa Jerman kak, aku gak ngerti. Ya belajarlah. Hahaha. Atau ada google translate sekarang. Aku pun dulu cari-cari sendiri kok tahun 2014, lebih minim info dibanding sekarang tahun 2021 kan. Hehe

Belajar bahasa sampe B1 berapa lama? setiap orang tentu berbeda-beda karena kita dianugerahi otak dan kondisi keuangan yang juga berbeda-beda, jadi gak bisa disamain. Aku sendiri gatau berapa lama sampai B1 karena loncat-loncat kursusnya.

Kakak kursus bahasa sampe B1 di Indo? nggak. Aku belajar bahsa sampe A1 aja di Indo. Privat, tapi ikut tes nya di Goethe Institute Bandung. Sisanya loncat-loncat saat udah di Jerman.

Biaya yang dibutuhkan sampai Ausbildung berapa? Kalau aku jaman dulu taun 2014, butuh uang buat kursus bahasa privat sampai A1, lupa berapa, dan biaya pesawat one way ke Jerman 10 jutaan. Udah. Hehe dan uang cadangan sekitar 10 juta dalam bentuk euro ada di dompet. Hehe. Karena dulu datang untuk Aupair, tempat tinggal dan biaya transportasi selama di Jerman dari keluarga yang akan ditinggali jadi aku gak bawa uang banyak, selain itu dulu gak punya uang lagi. Haha.

Bank selama di Jerman gimana kak? Kalau aku sih dulu baru bikin bank waktu aku udah sampe di Jerman. Tapi saat aku Aupair ya, kalau Ausbildung beda, kamu harus udah punya account Sperrkonto Deutsche Bank dengan uang kira-kira 10.000€ di dalemnya.

Apa itu Sperrkonto? Jadi untuk Student dan Azubi yang datang ke Jerman harus punya uang simpenan di Bank Deutsche bank yang namanya Sperrkonto sebanyak yang ditentukan kedutaan. Aku gak tau sekarang berapa, kalau dulu 2014 untuk student 9800€ sekian dan Aku dulu Ausbildung diminta 10.800€ sekian. Udah lupa. Dan uang itu hanya bisa kamu ambil per bulan maksimal 200-500€ aja. dulu aku cuma boleh ambil per bulan 250€. Untuk apa? Untuk jaminan kalau kamu di Jerman gak akan jadi gembel dan menyusahkan negara. Gitu sih. Haha.

Selesai FAQ nya, nanti kalau ada pertanyaan lain, silakan DM aku, tapi pleaseee sebelum tanya-tanya, minimal tau dulu dasarnya, agak males juga jawabnya kalau yang ditanyain pertanyaan-pertanyaan mendasar. Kesannya, ingin sekolah ke luar negri tapi gak tau apa-apa dan manja aja inginnya disuapin. Haha. Akan aku update lagi FAQ ini kalau ada pertanyaan-pertanyaan lainnya. Sekiaaaannnn.

Please follow us:

2 komentar

  1. Hi Mbak, salam kenal. Very well-written blog, btw. Best of luck dengan kehidupannya di Jerman yaaa. Selalu seneng bacain blog orang-orang di perantauan, karena jadi kangen masa-masa dulu pas aku ngelewatin hal yang mirip. 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s