Elterngeld dan Kindergeld (Mendapat uang anak dan uang orang tua di Jerman)

Setelah sekian lama akhirnya aku punya waktu untuk nulis lagi. Hihi. Hari ini aku mau cerita gimana caranya dapet Elterngeld (uang orangtua) dan Kindergeld (uang anak). Sebelumnya mungkin banyak yang belum tau, kalau kamu tinggal di Jerman, lalu punya anak, kamu berhak mendapatkan uang dari pemerintah yang namanya Elterngeld. Lalu anaknya akan mendapat uang dari pemerintah juga yang namanya Kindergeld. Besar Elterngeld dan Kindergeld tiap keluarga berbeda-beda. Kalau Elterngeld dihitung dari pendapatan sebelumnya, kalau Kindergeld dilihat dari berapa banyak anak di keluarga tersebut, juga Bundesland (provinsi) nya.

Setiap orang yang punya anak, membayar pajak dan tinggal di Jerman berhak untuk mendapat Kindergeld. Semakin banyak anak, semakin banyak Kindergeld yang kamu dapatkan tiap bulan. Haha. Kindergeld akan kamu terima sampai anak berumur 18 tahun. Sementara untuk dapat Elterngeld, kamu harus pernah bekerja minimal satu tahun sebelum melahirkan untuk mendapat Elterngeld. Elterngeld bisa didapatkan selama 1 tahun sampai 2 tahun. Kalau pilih yang 2 tahun, nominal yang kamu dapatkan tiap bulan merupakan setengah dari nominal yang kamu dapatkan kalau kamu ambil 1 tahun.

Kenapa kami dapat Elterngeld? Itu uang yang bisa dikatakan sebagai pengganti penghasilan yang seharusnya kami dapatkan selama melahirkan dan cuti melahirkan. Di Jerman kamu bebas mau cuti melahirkan berapa lama. Tapi yang dapet uang hanya sampai 2 tahun pertama kalau kamu apply Elterngeld yang 2 tahun. Hanya dapet uang setahun pertama kalau kamu apply Elterngeld untuk setahun. Sisanya gak dapet uang apapun. Biasanya sih orang apply untuk 1,5 tahun – 2 tahun. Lalu langsung lanjut kerja lagi setelah anaknya dapet Kindergarten (TK). Gila cuti segitu lama. Gak akan dikeluarin sama kantornya apa? Gak akan. Karena setiap orang punya hak untuk mengajukan cuti nelahirkan setelah melahirkan. Ini gak cuma buat mamanya ya, buat papanya juga boleh.

Lalu cara dapetinnya gimana? Ya tinggal apply aja. Hehe. Beruntung juga anak kami lahir saat pandemi, jadi kami bisa apply segala jenis kependudukan lewat online, kalau gak, biasanya harus bikin janji dulu ini itu ribet. Haha. Untuk Elterngeld lebih ribet. Setelah mengisi formulir online, harus menyertakan juga lampiran nomor pajak, alamat rumah yang sudah terdaftar, gaji 5 bulan terakhir yang didapatkan minimal setahun sebelum melahirkan, surat kontrak kerja kalau ada, paspor atau KTP, akte lahir anak, dan keterangan dari asuransi kalau orang yang apply tersebut mendapat uang hamil saat hamil atau nggak. Kalau itu semua udah lengkap, beberapa hari atau minggu kemudian, kamu akan dapet surat dari pemerintah yang berisi pengajuan Elterngeld kamu diterima atau nggak.

Wah?! Lagi hamil juga ada uang hamil? Iya ada juga. Kalau kamu saat hamil punya pekerjaan, 6 minggu sebelum hari kelahiran dan 8 minggu setelah kelahiran, kamu bisa apply Mutterschaftsgeld (uang ibu).

Kalau Kindergeld gimana cara dapetnya? Lebih gampang. Sama juga applynya online. Setelah isi formulir, juga harus melampirkan lampiran akte lahir anak dan nomer pajak anak. Wah? Baru lahir aja udah punya nomer pajak? Iya. Di Jerman untuk bisa dapet uang-uang, setiap orang harus punya nomer pajak, gak terkecuali bayi baru lahir. Haha. Gimana cara dapetnya? Ya tinggal ke kantor kependudukan (Bürgeramt) dan bilang kalau anak saya baru lahir dan butuh nomer pajak. Terus tinggal penuhin berkas apa aja yang mereka butuhkan, dalam beberapa hari atau minggu selesai deh, nomer pajak akan dikirim lewat pos.

Selesai deh proses dapet Kindergeld dan Elterngeld di Jerman. Bulan depannya akan langsung masuk ke rekening. Lumayan nambah uang waktu belum bisa kerja lagi. Hihihi. Tapi jangan pikir kita dapet uang cuma-cuma ya. Kami bisa dapet uang itu juga karena tiap bulan, gaji dipotong langsung untuk pajak yang mungkin hampir 40 persen. Yuhuu..

Follow us:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s