Masak dan makan “student friendly” di Jerman

Kadang ada yang DM aku di insta nanya, kalau biaya tinggal disana berapa ya kak kira-kira? Untuk makan gitu mahal gak? Jawabannya ya tergantung, tergantung gaya hidup kamu gimana, ada yang tiap hari ngafe, makannya beli mulu, gak pernah masak, jajan mulu ya bakal mahal. Haha. Perkiraan harganya nih, ini di Berlin tapi yaa, tiap kota standar harganya beda-beda. Kota lain aku gak tau, gak pernah tinggal diluar Berlin. Haha. Harga kopi di cafe paling murah 2,2€ lah untuk espresso, kalau minumnya latte macchiato 2,7€ lah. Terus harga roti yang diisi keju, salad gitu di toko roti paling sederhana 2,3€an, kecuali kamu belinya roti biasa yang tanpa isi, kalau bei di toko roti 0,8-1,3€an. Itu baru sarapan. Makan siangnya, misalnya yang paling murah nih, china pfanne atau nasi goreng, mie goreng vegetarisch gitu yang tanpa daging, paling murah 3,5€ untuk porsi kecilnya, kalau anak cowo yang makannya banyak, beli porsi besarnya 4,5€an. Atau beli Döner, sekitar 3,5-4,5€. Itu makanan hematnya, tapi kamu pikir, gak level ah masa makan makanan pinggir jalan kayak gitu, aku pengennya makan yang proper donk, di resto atau di tempat makan. Kalau di tempat makan ya sekitar 7-11€ lah. Tergantung makanannya apa. Kalau kamu student, punya kartu student, jadi bisa makan di kantin khusus student atau biasa disebut Mensa, satu kali makan 4-7€, tergantung ambilnya apa. Kalau lengkap, ada saladmya, minumannya, pake karbo, daging, sayuran ya jadi mahal. Haha. Makan malam seperti makan siang kira-kira harganya, hanya yang punya kartu student udah gak bisa makan di mensa lagi, Mensa udah tutup kalau malem-malem.

Nasi bakmoy bikinan sendiri, total harga kira-kira 6-7€ untuk 4-6 kali makan. Kalau beli, 6€ hanya untuk satu kali makan

Sekarang kalau tipe gak masak maunya beli yang lebih hemat. Ke Supermarket. Disana jual makanan frozen yang kalau mau dimakan tinggal masukin ke microwave aja. Jenis makanannya macem-macem, ada lasagne, meat ball dengan sausnya, steak udah dengan nasinya kira-kira harganya 2-4€. Untuk sekali makan. Atau beli roti biasa gitu harganya 0,20-0,70€, tergantung yang mana, yang luarnya ada kejunya atau ada biji sesam nya misalnya ya pasti di range harga mahalnya. Beli isiannya juga di supermarket kayak ham, keju, satu paket isinya biasanya 150gr, udah di slice, kira-kira 8 slice dalam satu paket, harganya mulai dari 1,2 lah per paket, kecuali lagi ada diskon karena mau kadaluarsa jadi 1€ per paket. Hehe. Jadi untuk sarapan beli roti 0,20€ plus ham dan keju kira-kira totalnya 0,70€ lah sekali makan. Kopi juga dijual di supermarket, mulai dari 1€ yang langsung minum gitu, tapi tipe kopi dingin yang di gelas plastik gitu. Gak mau roti, pengennya joghurt, ada juga, harga joghurt drink mulai dari 0,70€ atau joghurt biasa di cup tapi gak ada sendoknya juga mulai dari 0,50€ tergantung besarnya. Makan malam sama harganya dengan makan siang yang tadi udah dijelasin di atas pake makanan frozen gitu. Kalau gak punya microwave gimana kak? Ya ga bisa makan yang frozen. Haha. Atau beli aja Microwave kalau ingin banget. Pake oven juga bisa kok, biasanya dapur di Jerman pasti menyediakan oven, kalau microwave belum tentu. Hanya aja, makanan-makanan di Supermarket seringkali gak terlalu bergizi, dan bosen juga lama-lama makan seperti itu terus, sesekali bolehlah.

Pempek ngasal yang juga bikinan snéndiri, bentuk jelek, tapi rasanya oke kok. Haha. Biaya kira-kira juga 6-8€ untuk 4-6 kali makan

Terakhir, masak sendiri. Aku sih selama ini masak sendiri, selain karena lebih sehat juga lebih hemat. Belajar masak gampang kok, ada banyak di internet. Aku juga pertama datang ke Jerman gak bisa masak sama sekali, hanya bisa masak mie instant, karena kebutuhan, harus hemat, jadi belajar masak dan masak sampai sekarang. Lama-lama skill masaknya nambah sendiri karena terbiasa. Haha. Aku dan Bram biasa belanja mingguan, biasanya kami habis 20€an tiap belanja, sama dengan 10€ per orang. Tergantung mau makannya apa. Biasanya aku rencanain dulu sebelum belanja, minggu depan mau masak apa. Aku masak juga gak tiap hari, misalnya bikin sop, bisa untuk 2 hari makan berdua siang dan malam. Jadi sama dengan 4-6 kali makan. Kami berdua gak rewel soal makanan. Jadi aku gak perlu masak tiap hari beda-beda menunya, gak gitu. Aku masak untuk 2 hari biasanya. Hari minggu jadi special day misalnya beli frozen pizza atau frozen chicken wings dimana aku gak perlu masak jadinya, tinggal masukin oven aja selesai.

Aku masak apa aja biasanya? Masak segala sesuatu yang mudah dan gak terlalu indonesisch atau chinesisch. Kenapa? Makanan yang asia banget lebih mahal bahannya, juga bahannya gak ada di toko biasa, harus ke toko asia yang sayangnya juga cukup jauh dari apartment kami. Misalnya bikin kwetiau goreng pake toge, harga kwetiau aja 2,3€an untuk 500gram, kecap manis abc botol kecil 1€, toge kira-kira 1,2€an. Ya walaupun itu bisa untuk 4x makan sih. Tergantung juga sih sebenernya porsi makan kamu gimana. Haha. 4-6 kali makan dengan porsi biasa ya maksudku. Aku biasa masak capcay ayam misalnya, satu paket frozen sayur yang isinya brokoli, kembang kol dan wortel yang udah dipotong harganya 1,20€an, dada ayam 500gr 4-6€. Selesai. Sehat murah bahagia. Garem, gula, lada sih murah. Bisa untuk 2-3 hari. Masukin kulkas aja dia tahan, tiap kali mau makan, diangetin sedikit-sedikit. Haha. Atau masaknya gak langsung semuanya, per porsi masaknya. Tapi menurutku ribet, aku lebih suka masak sekalian banyak untu beberapa hari. Atau masak kacang panjang daging cincang. Haha. Kacang panjang frozen harganya juga sekitar 1,20€, daging cincang tergantung sapi, babi, mix, atau ayam, juga tergantung gramnya sekitar 2,70-5€. Sebulan sekali ke toko asia untuk beli saus-sausan dan mie instant, seperti kecap manis, kecap asin, saus tiram harganya kira-kira 1-4€, tergantung besarnya. Indomie 0,30-0,60€an, mie korea 0,70-2€an. Bumbu instant untuk rawon misalnya, atau lodeh 1€. Oya beras harganya 8-10€ paling murah untuk jasmin rice 5 kilo, beli kiloan yang lebih kecil juga ada. Di supermarket biasa juga ada beras jasmin, harganya 2€ per 1kg. Telur 1,2€an paling murah isinya 10, susu sekitar 0,70 paling murah.

Mie ayam pangsit, biaya kira-kira 7-9€ juga untuk 4 kali makan. Kalau beli, harga sama untuk satu kali makan aja dan gak sebanyak itu.

Udah sih gitu aja perkiraan harga makanan di Jerman a.k.a Berlin, kota lain aku gak tau. Yang tentunya masih banyak banget bahan makanan lain yang gak aku sebutin disini. Aku tentunya milih masak sendiri, makan luar atau beli frozen food sesekali aja. Tapi preferensi orang beda-beda, no judge, silakan lakuin yang menurut kalian paling cocok. Kalau ditanya, aku masak karena hobiku masak, wow big no. Aku masak untuk hidup bukan karena hobi. Atau dibilang, kakak lulusan koki sih, jadi jago masak. Hell no, masakan asia dengan jerman tuh beda banget, makanan jerman tuh asal masuk oven, bumbu salt dan pepper doank, selesai. Hahaha. Yuhuuu..

Please follow our Instagram:

View this post on Instagram

#dresden #germany #deutschland #shotonsamsung

A post shared by Caro & Bram (@caroandbram) on

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s