Setelah Ausbildung di Jerman, lalu?

Halloooo.. Kembali dengan tema favorit sejuta umat. Ausbildung di Jerman. Banyak yang bertanya pada saya, apa yang dilakukan setelah lulus Ausbildung. Apakah bisa langsung bekerja di tempat praktek, atau harus cari kerja lagi, atau harus pulang ke Indonesia, gaji berapa setelah lulus. Ya, semua itu akan dibahas disini. Yeeee. Kecuali masalah gaji, karena menurut saya itu hal yang pribadi. Kalau ingin tahu banget gajinya berapa, belajar bahasa Jerman, terus google di internet berapa gaji kira-kira koki. Jangan liat website atau blog indo mengenai hal tersebut. Mereka bullshit. Hahaha.

Saya sendiri lulus Ausbildung di salah satu hotel di Berlin pada tahun 2018. Lalu, apa yang saya lakukan? Rupanya, chef saya melihat kalau saya bekerja dengan sangat baik pada masa Ausbildung saya, dan dia ingin mempertahankan saya untuk tetap bekerja di hotel. Oya, kalau di Indonesia, chef itu berarti koki, kalau di Jerman chef itu artinya atasan atau kepala, sementara koki disebut Koch untuk pria, Köchin untuk wanita, dan kalau plural menjadi Köche. Hahaha.

HYSU3516
Küchen team 😀

Tentunya saya menerima tawaran tersebut. Karena hal itu sangat bagus untuk nantinya ditulis di CV kamu saat kamu mau mencari pekerjaan baru suatu saat nanti. Kenapa demikian? Karena dengan begitu, saat kamu melamar ke tempat lain, tempat lain tersebut akan melihat bahwa kamu bekerja dengan sangat baik, sehingga tempat Ausbildung mau mempertahankan kamu. Paling baik, bekerja di tempat kamu Ausbildung minimal 1 tahun, setelah itu mencari pekerjaan lain. 1 tahun cukup untuk mengisi CV kamu, dan diluar tempat Ausbildung, kamu akan mendapat gaji yang lebih besar. Jadi, bertahan di tempat Ausbildung jangan terlalu lama kecuali mereka mau memberi kamu gaji yang lebih besar. Hahaha.

Lalu, apakah semua teman di hotel yang seangkatan sama saya juga diminta untuk lanjut kerja di hotel? Sayangnya tidak. Di hotel tempat saya Ausbildung, saya seangkatan dengan 2 orang lain. Maksudnya, pada tahun 2015 dimana saya memulai Ausbildung, ada 2 orang yang bersamaan dengan saya juga memulai Ausbildung di hotel. Jadi kami bertiga. Dari ketiga orang tersebut, hanya saya yang diminta untuk lanjut bekerja di hotel. Mungkin saya yang kerjanya paling bagus. Hahaha.

IMG_0989-min
Bestie :*

Terus, kalau gak diminta lanjut kerja harus gimana? Ya cari kerja. Mau gimana lagi. Atau pulang habis ke Indonesia, cari kerja disana, terserah kamu saja maunya bagaimana. Bikin CV, motivation letter sebaik mungkin, dan lamar pekerjaan. Kalau mereka tertarik dengan kamu, pasti dipanggil untuk Vorstellungsgespräch (wawancara) kok.

Visa bagaimana? Kan sudah selesai Ausbildung, langsung pulang Indo donk. No. Tidak begitu. Di Jerman, jika kamu selesai dengan masa belajar kamu, entah Ausbildung atau kuliah, kamu akan mendapat visa yang namanya Arbeitsuchend Visum yang berlaku selama maksimal 18 bulan, tergantung uang yang kamu punya di account bank kamu. Tentunya itu tidak kamu dapatkan secara otomatis. Kamu harus ke Ausländerbehörde (kantor imigrasi) dalam waktu paling lambat 1 bulan sebelum kamu lulus, urus surat-surat ini itu, baru dapat visa tersebut. Susah gak kak dapatnya? Harusnya nggak sih, asal semua persyaratan kamu penuhi. Dan visa ini hanya bisa didapatkan kalau kamu menyelesaikan studi di Jerman. Jadi jangan tanya, “kak bisa gak visa ini saya apply dari Indonesia, tapi saya gak studi di Jerman?” Gak bisa!

GRPN4107
Satu Azubi di hotel yang belajar dengan octopus 😀

Nah, waktu ini kamu pergunakan sebaik mungkin untuk lamar pekerjaan. Jangan malah berpikir, “ah, saya masih punya waktu 18 bulan, saya pakai untuk liburan di Eropa dulu 3 bulan”. No no no. Jangan berpikir demikian, karena di Jerman, mungkin bukan di Jerman saja, di berbagai negara melakukan hal yang sama. Saat mereka melihat ada 3 bulan kosong pada CV kamu, mereka akan bertanya, apa yang kamu lakukan saat itu. Seandainya kamu jawab liburan, kamu juga akan ditanya kenapa dsb. Jadi lebih baik, untuk Indo survivor di Jerman seperti saya, yang hidup hanya dari visa, hahaha. Daripada ribet cari jawaban untuk pertanyaan semacam itu, lebih baik langsung cari pekerjaan. Semoga cepat juga dapatnya, setelah itu baru liburan. Hahaha.

XWSA2078
Pada sebuah event di hotel

Sepertinya itu semua yang mau saya ceritakan pada blog kali ini. Schönes Wochenende teman-temaaaannnn.. FYI saya tulis blog ini di hari Jumat, jadi saya tulis itu. Hahaha 😛

Our insta. Any questions on another instagram won’t be answered. Just because the other one is my private social media.

View this post on Instagram

#milan #italy #throwback #iphoneonly

A post shared by Caro & Bram (@caroandbram) on

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s