Liburan di Rotterdam

RBSB9459-min

Kalau kalian baca blog sebelum ini (Liburan di Amsterdam) kalian pasti tahu kalau satu sepupuku singgah di Rotterdam. Kami yang masih punya satu hari di Belanda dan gak tahu mau kemana karena Amsterdam sudah kami kelilingi, kami memutuskan untuk one day trip di Rotterdam sekaligus menemani sepupuku sebelum dia pulang.

Kami naik kereta dari Amsterdam menuju ke Rotterdam centraal yang memakan waktu kurang lebih 1 jam. Rotterdam adalah kota terbesar kedua di Belanda. Menurutku, kotanya berbeda jauh dengan Amsterdam. Kalau di Amsterdam lebih ke arah old town, kalau Rotterdam menurutku cukup modern dengan gedung-gedung tingginya.

IMG_6067-min
Rotterdam dengan gedung tingginya “De Rotterdam” dan Erasmus bridge

Kalau ditanya, aku lebih suka kota Amsterdam atau Rotterdam, tentu aku akan jawab Amsterdam. Tapi banyak juga orang yang menyukai kota Rotterdam loh, karena kotanya rapi dan tenang walaupun Rotterdam merupakan kota kedua terbesar di Belanda. Dan katanya Rotterdam kota pendidikan di Belanda? I don’t know.

Sepupuku datang ke Rotterdam untuk bertemu dengan teman yang sudah lama tidak dia jumpai. Jadi kami juga jalan bersama mereka untuk mengelilingi kota. Dimulai dengan jalan disekitar sungai, ngafe cantik di taman, dan naik tram keliling kota..

HMMZ6541-min
Sepupuku : kedua dari kiri dengan temannya: paling kiri, aku, dan bram

Mungkin sebenarnya banyak yang bisa di-explore di Rotterdam, tapi karena waktu kami yang tidak terlalu banyak, karena kami harus kembali ke Berlin pada sore harinya, tidak banyak hal yang bisa kami lihat di Rotterdam. Satu hal yang paling berkesan buat kami di Rotterdam adalah cube house mereka.

Kami sendiri tidak tahu apa itu cube house, tapi sepertinya, itu adalah salah satu art building, yang menampilkan keunikan arsitekturnya. Kamu bisa masuk kedalam cube house untuk melihat bagian dalam bangunan tersebut, tapi kami memilih untuk tidak masuk kesana, karena untuk masuk kami harus membeli tiket dulu yang menurut kami tidak terlalu penting untuk dilihat. Tapi kalau kamu anak arsitektur yang ingin mempelajari bagian dalam bangunan tersebut kenapa tidak. 🙂

 

IMG_6052-min
Cube House

Setelah puas berkeliling kota Rotterdam, kami mampir sebentar ke KFC untuk membeli makan, kami berencana makan sore sebelum pulang Berlin di Airbnb yang sudah di sewa sepupuku sambil ngobrol-ngobrol terakhir sebelum dia pulang.

Aku bersyukur bisa bertemu dengan keluarga terdekatku untuk pertama kalinya di Eropa. Selama 5 tahun aku tinggal di Eropa, baru kali itu ada keluarga yang datang ke Eropa sehingga kami bisa bertemu. Terakhir, foto terakhir di Rotterdam saat perjalanan pulang kami kembali ke Berlin. 😀

RSAN9036-min

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s