Ausbildung Perhotelan di Jerman 2020

FISN0258

Hallo teman-teman yang suka bertanya tentang Ausbildung di Jerman. Adik saya sedang belajar bahasa Jerman privat dengan salah satu temannya saat ini karena dia ingin melanjutkan S2 di Jerman. Lalu gurunya menawarkan temannya kalau ingin Ausbildung perhotelan di Jerman. Dia bilang mudah ikut Ausbildung di Jerman.

Teman-teman, saya sendiri tinggal di Berlin sudah 5 tahun dan sampai saat ini tidak ada yang bisa mudah ikut Ausbildung, apalagi saat ini banyak orang Syria, Griechenland dll yang datang mengungsi ke Jerman. Karena adanya orang-orang tersebut yang juga membutuhkan pekerjaan agar tidak membebani negara lagi, maka ikut program Ausbildung saat ini lebih sulit lagi.

Kalau mungkin pada jaman saya, saya harus keluar air mata darah dulu untuk dapat visa, sekarang mungkin sudah keluar air mata darah tetap tidak dapat visa. Hehe. Tapi, memang semua orang punya jalannya sendiri. Mencoba tetap harus, tapi jangan kecewa kalau tidak dapat visa karena hal yang sudah saya jelaskan di atas.

Saya sendiri pernah mencoba memasukan teman saya yang ingin Ausbildung koki di Jerman. Dia sendiri sudah berada di Berlin. Saya coba masukkan ke hotel dimana saya bekerja. Berhasil. Dia boleh ikut Probe Tag satu hari, setelah itu dia diterima Ausbildung di hotel dimana saya bekerja. Tapi, sebelum mulai, dia harus mengurus Visa Ausbildung terlebih dulu untuk bisa mulai.

Dari Ausländerbehörde (ABH) atau kantor imigrasi di Berlin, dia diminta untuk membawa surat kontrak dari hotel. Dia coba minta surat kontrak ke hotel yang sebenarnya tidak boleh diberikan terlebih dahulu. Karena seharusnya, setelah ada Visa, baru surat kontrak diberikan. Tapi karena ada saya yang bekerja di hotel itu, maka teman saya itu diberi kemudahan. Dia mendapat kontrak kerja dari hotel agar dia bisa mendapat visa.

Lalu dia pergi ke ABH dengan membawa surat kontraknya, tapi pada akhirnya dengan berbagai macam alasan, yang bahkan tidak masuk akal sekalipun, teman saya ini tidak mendapatkan visa dan pulang kembali ke Indonesia.

Maka dari itu teman-teman yang mau Ausbildung, apalagi lewat agen, pastikan dulu apa jenis visanya, kalau yang apply sendiri, pastikan dulu sudah dapat visa ausbildung, agar tidak deportasi dan akhirnya hanya buang-buang uang. Hidup di Eropa mahal! Yang lewat agen, pastikan Tempat kerjanya benar dan disekolahkan. Jangan asal percaya karena hampir semua agen Ausbildung sampah.

Satu teman saya lagi, yang sudah lulus kuliah di Jerman tapi tidak berhasil mendapat pekerjaan di Jerman, kemudian dia pulang Indonesia dan mendapat pekerjaan di Agentur Ausbildung di Jakarta. Dia hanya bertahan bekerja di Agentur itu sekitar 3 bulan, lalu mengundurkan diri. Dia bercerita pada saya, karena pekerjaan di Agentur itu tidak masuk akal. Sebagai orang yang pernah tinggal di Jerman, dia sudah tau bagaimana Ausbildung di Jerman yang sebenarnya. Dan di Agentur itu, dia katakan banyak hal yang bohong yang mereka iklankan dan dia tidak sanggup menipu orang lain lagi. Jadi intinya: teman-teman harus semakin hati-hati dengan Agentur dan Ausbildung saat ini! Kalau belum dapat visa, jangan langsung berhenti kerja atau apapun itu.

Cheers!

Our insta: Any questions on another instagram won’t be answered. Just because the other one is my private social media.

6 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s