Ausbildung koki di Jerman!!

Tahun 2014, aku datang ke Jerman dan tahun 2015 aku mendapat Ausbildung untuk menjadi koki di Berlin. Aku sendiri gak bisa percaya bisa mendapatkan tempat Ausbildung di Jerman karena mestinya gak mudah untuk Ausländer (orang asing) karena mereka sangat mendahulukan orang Jerman untuk bisa ikut Ausbildung. Dengan bahasaku yang masih sangat minim saat itu, aku bisa diterima Ausbildung di Jerman yeeeee!!

DSC_0082

Kesulitan untuk Ausbildung bukan hanya cari tempat Ausbildungnya aja. Tapi, untuk membuat visa Ausbildung juga gak kalah susahnya karena seperti yang disebutkan diatas, Ausbildung normalnya hanya untuk orang Jerman, bukan untuk orang asing. (baca cerita lengkapnya di: Faith – Part 1) Tapi aku lolos dari semua itu dan berhasil lulus pada bulan Juli tahun 2018 ini horeeee!!

Ausbildung itu apa sih? Jadi, untuk bekerja pada beberapa bidang di Jerman, kamu gak perlu kuliah, melainkan Ausbildung. Seperti misalnya koki, waitress, masinis, pilot, customer service, resepsionis, dll. Lebih lengkapnya bisa dilihat di ausbildung.de.

Terus, gimana sistem pembelajarannya? Aku kasih contoh pada Ausbildung koki, kami harus mempunyai Betrieb (tempat praktek atau kerja seperti Hotel, restaurant atau kantin). Kalau aku di hotel. Dan dalam satu bulan, kami bekerja selama 3 minggu di Betrieb dan 1 minggu sekolah.

IMG_1808
Kerjaaaaa

Daftar Ausbildung kemana? Mendapatkan Ausbildung sama dengan kamu mencari kerja. Melamar Ausbildung ditempat yang kamu inginkan, bikin surat lamaran, CV, ijazah yang sudah di-translate, dll. Tapi sebelumnya yang harus kamu ingat, mencari tempat ausbildung tidak mudah karena kamu benar-benar bersaing dengan orang Jerman. Lebih tepatnya, mereka mendahulukan orang Jerman dibanding orang asing. Jadi, kalau kamu ingin ikut Ausbildung disini, bahasa itu nomor 1. Kursus bahasa atau perlancar terus bahasa kamu sebelum melamar, jadi saat dipanggil interview kamu sudah siap dan bisa menjawab dalam bahasa jerman yang lancar. 😀

IMG_6325
Bagels Day!! Buat 700 Bagels untuk suatu acara -_-

Seandainya kamu lulus interview, kamu akan diberikan satu hari Probe Tag (Hari untuk coba kerja). Untuk melihat apakah kamu bisa bekerja dengan baik, apa kamu bisa diajak bekerja sama. Demikian juga dengan kamu, kamu melihat apakah tempat itu cocok untuk kamu, apa pekerjaan itu benar-benar kamu inginkan, apa kamu cocok dengan orang-orangnya. Seandainya kamu merasa tidak cocok, kamu bisa bilang kalau tidak cocok dan coba melamar Ausbildung ditempat lain. Demikian juga dengan mereka. Kalau mereka merasa tidak cocok dengan kamu, mereka bisa menolak kamu dan kamu harus cari Ausbildung ditempat lain. Saat Probe Tag inilah bahasa kamu sangat dibutuhkan. Kamu harus mengerti apa yang mereka katakan atau mereka suruh kamu lakukan. Kalau nggak ngerti kan susah juga -_-´

Kalau kamu lulus Probe Tag, kamu akan masuk Ausbildung. Mereka yang mengurusi sekolah dll. Kamu hanya tau beres. Paling disuruh sekali datang ke sekolah untuk melihat sekolahnya atau tanda tangan Anmeldung (daftar masuk). Dan mulai deh Ausbildung dengan 1-6 bulan masa percobaan. Masa pencobaan di Jerman cukup penting. Selama 6 bulan pertama ini, kamu dan mereka diberi kesempatan sekali lagi untuk melihat kecocokan kalian. Kalau salah satu merasa tidak cocok, boleh keluar atau dikeluarkan. Pada masa percobaan ini, kalau kamu dipecat atau mengundurkan diri, kamu harus keluar saat itu juga. sementara diluar masa percobaan, untuk mengundurkan diri atau pemecatan harus dilakukan 1 bulan sebelumnya.

IMG_1485
di WC pada acara natal bersama 😛

Selama Ausbildung, kamu juga digaji. Jadi gak perlu susah-susah seperti anak kuliah yang kalau butuh uang harus kerja diluar jam kuliah. Kalau Ausbildung, praktek di Betrieb itu sudah dikatakan bekerja juga, jadi kamu digaji. Walaupun gajinya gak banyak. Gajinya kurang lebih sama dengan gaji para student (kuliahan). Tapi jumlahnya tergantung jenis Ausbildungnya. Dulu aku digaji pada tahun pertama 600 brutto, tahun kedua 700 brutto dan tahun ketiga 800 brutto. Oya, lamanya Ausbildung juga tergantung jenisnya apa. Untuk koki 3 tahun. Tapi bisa dipercepat menjadi 2,5 tahun kalau kamu merasa pintar dan sanggup ikut ujian tanpa tahun ketiga.

Apa saja yang dipelajari di sekolah? Apa menu-menu gitu? Nggak. Disini, kamu mempelajari masakan hampir 90% dari tempat praktek kamu (Betrieb). Di sekolah kamu mempelajari hal lain. pada Ausbildung koki, kami mempunyai 5 pelajaran pokok di sekolah. WAW (Warenwirtschaft – ilmu ekonomi barang), WISO (Wirtschaft und Sozial Politik – ilmu ekonomi kenegaraan dan politik), TEG (Technologie – teknologi pangan), Englisch, dan Akü (Arbeit in der Küche – Praktek seperti cara memfilet sapi, memfilet ikan, dll)

IMG_2351
Dessert station pada suatu acara di hotel

Pada pertengahan tahun kedua akan ada yang namanya Zwischenprüfung (ujian tengah) yang merupakan syarat untuk kamu boleh ikut ujian akhir. Apa yang akan diujikan? yang pastinya ujian teori, tapi gak banyak, hanya sekitar 5 pertanyaan, ujian praktek, dan mündliche Prüfung (Ujian lisan). Pada ujian teori, salah satu pertanyaannya adalah kamu diminta menuliskan resep satu makanan dari bahan-bahan yang udah mereka berikan pada hari itu. Pada ujian praktek kamu harus memasak makanan yang kamu tuliskan itu, dan pada ujian lisan, penguji akan bertanya secara lisan mengenai makanan yang kamu buat dan pertanyaan mengenai bahan-bahannya juga.

IMG_1381
Schnitzel – salah satu makanan di hotel dan makanan khas Jerman

Pada akhir tahun ketiga, akan ada Abschlussprüfung atau ujian akhir. Ini saat yang paling sulit. Yang menentukan lulus tidaknya kamu. Kalau selama sekolah nilai kamu bagus terus, tapi waktu Abschlussprüfung gak lulus, ya gak lulus. Seperti UN di Indonesia.

Pada Abschlussprüfung, akan ada ujian teori, lisan, lalu praktek. Pada ujian teori, kamu harus mempelajari semua bahan dari tahun pertama sampai ketiga, dan gak tahu mana yang keluar. Dan ujian teori diadakan dalam 1 hari untuk semua pelajaran. Kebayang kan gimana pusingnya ujian teori. Kemudian, pada hari dimana kamu ujian teori juga akan diberitahukan pada tanggal berapa kamu harus ujian praktek. Dan 1 bulan sebelum ujian praktek, kamu akan dikirimi surat yang isinya bahan-bahan yang harus kamu gunakan untuk membuat 3-gang-Menü (Appetizer, Main course, Dessert). sementara pada ujian lisan, penguji akan bertanya misalnya mengenai wine yang pas untuk makanan kita, untuk tamu yang vegan dll.

IMG_6387
Appetizer pada menü saya – Zanderterrine mit Bachsaibling kern mit Spinat umhüllt, gebratene Garnelen, Honig-senf Soße, Salatbukett, Balsamico dressing

Abschlussprüfung itu sangat menyeramkan. Kami diberi waktu 4 jam sampai penyajian Appetizer. Kalau kamu berpikir itu mudah, wah salah besar. Kamu bekerja di satu dapur yang bahkan kamu tidak kenal, tidak tahu barang ini dan itu dimana. Belum tekanan dari peguji, belum lagi semua bahan yang kamu terima harus kamu filet sendiri, harus dibentuk dll. Suliiiittttt. Tapi puji Tuhan saya berhasil yeeeee!! dengan poin akhir yang gak besar, 64 karena memang sangat sulit. Dan penguji sangat memperhatikan hygiene dan sicherheit (keamanan). Jadi, sekali mereka melihat tempat kerjaku kotor, penurunan nilai akan langsung sangat besar. Bahkan dari kelompokku yang terdiri dari 5 orang, 3 orang gak lulus :´(

IMG_6386
Main course – gedämpfte Maispoularden röllchen, gebratene Spargel mit Parmaschinken eingewickelt, glasierte Möhren, tournierte Kohlrabi, Herzogin Kartoffeln, Rotweinsoße

Masa-masa Ausbildung tuh masa-masa yang menurutku sangat berat, gak jarang aku nangis waktu pulang karena stress, kecapean, juga tekanan dari orang-orang. Untungnya sekarang udah lulus, tinggal menikmati kehidupan pekerjaan yang semoga gak seberat waktu Ausbildung. Haha.

Our insta is below here. Any questions on another insta won’t be answered. Just because the other one is my private social media. Thanks.

26 komentar

  1. Hi kak..
    Salam kenal, saya rhesa.
    Saya baru mau ikut kursus jerman untuk program ausbildung bidang koki. Dari info yang kk kasih cukup kasih pencerahan nih..
    Kalau boleh tau, untuk ausbildung koki di jerman ada batasan umur ga kak? Karena saya tahun ini masuk 34. Ya saya berminat karena siapa tau jadi rezeki yang sesuai dengan minat n usaha saya di indonesia. Butuh tukar pikiran pengalaman mengenai ausbildung koki, siapa tau kk bisa bantu, terima kasih sebelumnya..

    Suka

      1. Oh aman ya kalo begitu.. Takut blacklist mengenai umur.

        Btw, untuk materi yang dipelajari untuk koki seperti yang udah disebutkan ya? Atau ada perbedaan di tiap tempat?

        Karena saya sempat cari2 info dari indo untuk ausbildung koki cuma artikel kk aja yang muncul.. Sisanya dari orang jerman yang saya masih sulit untuk memahami bahasanya.

        Jadi sementara ini kk jadi satu2nya referensi untuk jalan ausbildung ttg koki. Semoga kk bisa bantu pencerahan

        Suka

  2. Hello Mba , Saya dari Jaksel

    kemarin2 itu terlintas di pikiran saya ikut Ausbildung melalui agen + kursus bahasa Jerman intensif 3 bulan di agen itu juga
    nahhh di jelaskan sama mereka bahwa gaji kotornya itu sekitar 650, bersihnya 400 karna udah di potong untuk tempat tinggal,asuransi kesehatan & tiket pesawat yg di bayarkan terlebih dahulu sama perusahaan.

    ada beberapa pertanyaan yang ingin sekali saya tahu jawabannya :
    1. nahhh mba ada pernah dengar orang Indonesia ikut Ausbildung melalui agen ka ? apakah sama seperti yg d atas itu ? apa 400 cukup2 saja untuk sebulan ?
    2. Misal suatu saat nanti saya sedang dalam mengikuti Ausbildung itu di bidang koki apa memungkinkan untuk kerja sampingan buat nambah2 bulanan ?
    3. Apakah banyak peserta Ausbildung yg ingin mencari teman sekamar agar biaya kosan ringan?
    4. Apa benar sudah cukup sertifikat B1 untuk hidup & mengikuti Ausbildung ?
    5. Saya membaca artikel bahwa banyak orang2 Indonesia yang mengikuti Ausbildung ini di pulangkan karna kendala bahasa lagi, walaupun dia sudah lulus B1 dan orang local kebanyakan tidak mau kerja kelompok dengan orang Indonesia yg masih kurang dalam berkomunikasi. Apa benar ada mba pernah dengar mengenai itu ?

    Terima sebelumnya mba, Maafkan saya Mba terlalu banyak bertanya

    Suka

    1. Saya banyak ditanya orang juga mengenai agen ausbildung. Menurut saya jangan percaya sama agen2 gitu. Jawabannya agak panjang sih. Nanti saya coba tulis di blog aja biar gak ada yang nanya lagi dan jelas 🙂

      Suka

    2. Hallo Nengsi,

      mugkin aku telat baca nya dan telat untuk informasinya. tapi dulu(2 tahun lalu) aku ikut juga dengan agen ini(aku gatau kita sama apa engga, tapi inisial si org ini adalah WN, dia orang Jerman di suatu kota kecil si Sachsen Anhalt yg megang agensi ini) anyway.. aku tuh waktu interview sama dia aku kerja di Bar di Jakarta namanya Mr.Fox under ISMAYA. aku tau lah satu dua hal tentang kerja di Gastronimie. aku undang lah si WN ke tempat kerja ku dulu ceritanya aku mau dia tau bahwa aku ada pengalaman bener di bidang Gastro. oh iya aku juga udh punya Zertifikan B1 Goethe saat itu, dan aku ngomong ke si WN juga pake bahasa Jerman, so i thought.. dia bakal naro aku di tempat yang menjanjikan masa depan ku. long story short.. tempat ausbildung ku di desa kecil daerah Bernburg, yg bos nya pervert bgt!! belajar juga ga jelas disana, ga ada namanya betrieblichen Ausbildungsrahmenplan or whatsoever,ga ada kita ganti abteilung kalo ngambil ausbildung di bidang Hotelfachmann/frau, kerja bener2 cuman di service jadi babu. dan pernah juga org jerman nya ngomong ke aku bahwa org Indonesia yg kesana itu cuman billige Fachkräfte(cheap labour, pekerja murahan)
      PLEASE, don´t apply via this agency

      lebih baik lagsung serahin VC kamu ke hotel yg bener

      Suka

  3. Moin..

    Saya ingin bertanya beberapa hal :
    Apakah bisa untuk melamar Ausbildung dari Indonesia?
    Apakah bisa jika saya melamar Ausbildung di bidang yang saya tidak mempunyai pengalaman sebelumnya?

    Saya ingin melamar Ausbildung di Bidang Perhotelan & Gastronomi .

    Danke im Voraus 🙂

    Suka

  4. Kak waktu masa percobaan 6 bulan itu digaji ato tidak? Lalu buat ausbildung koki ini ada tinggi khusus gak? Soalnya aku anaknya kecil gitu kak. Ditunggu balasannya, terimakasih (:

    Suka

  5. Hi Carolina mau nanya nih, kalo ausbildung setelah lulus apa otomatis kerja di tempat ausbildung lama atau harus cari kerja lagi? Dan gajinya biasa setelah lulus ausbildung biasa brp ya?

    Setelah lulus ausbildung apa ada kesempatan kerja di jerman atau harus pulang indo? Dan di jerman apa ada peluang Permanent residence?

    Kalo caroline rencananya langsung kerja koki apa kuliah lagi?

    Thanks infonya. Sori banyak pertanyaan hehe

    Suka

  6. Halo Cadoline..
    Shaloom.
    Saya alfred..anaknsaya ikut ausbildung bagian ga_tronomi (koki) di morada hotel kuhlungsborn..baru mulai juni ini..karena kami nnggak paham system disana.jadi kami daftar lewat agen. Namanya bright education..
    Mau nanya..
    1. Dengan digaji bersih 450. Apakah normal disana?
    2. Dari pengalaman caroline..untuk mencari kerja disana apakah mudah setelah program ausbildung
    3. Berapa gaji koki pemula?

    Terima kasih ya

    Suka

  7. Hallo kak 😀
    Saya mau bertanya, apakah mungkin bagi saya yang belum mengerti sama sekali basic-basic dalam memasak untuk mengikuti program Ausbildung koki.
    Apakah di sana benar-benar dipelajari dari dasar, seperti cara memotong, memilih sayuran yang baik, dll atau kita harus mempunyai basic dulu? Terima kasih kak 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s