Potsdam, kota favorit

Salah satu kota yang paling aku suka, tempat yang selalu aku inginkan untuk tinggal, Potsdam! gak tau kenapa bisa suka banget sama kota yang satu ini. Yang aku liat dari kota ini sih, kotanya cantik, lucu, kecil dan tenang. Gak terlalu banyak anak muda seperti Berlin yang selalu berisik dan sibuk. Kota ini beda, menenangkan.

Ada apa aja sih di Potsdam sampai aku suka banget?

1. Kotanya kecil dan tidak terlalu banyak kendaraan

kota Potsdam yang merupakan ibukota Provinsi dari Brandenburg itu kota yang kecil dan manis. Kebanyakan dari mereka yang tinggal adalah orang tua. Anak mudanya mungkin ada di Berlin semua. Iya, kota Potsdam terletak tepat bersebelahan dengan Berlin. Kamu hanya perlu naik kereta selama 30 menit untuk pergi ke Potsdam dari Berlin. Tapi walaupun bersebelahan, kamu bisa sangat merasakan perbedaannya. Yang paling aku suka, naik sepeda keliling kota Potsdam. Karena tidak terlalu banyak kendaraan di Potsdam, sangat aman untuk bersepeda di Potsdam, apalagi di Jerman sudah disediakan khusus jalanan untuk sepeda, jadi tidak perlu kuatir untuk bersepeda disini. Apalagi Potsdam.

2. Schloss (istana) yang indah

Potsdam memiliki lebih dari 3 Schloss dan semuanya cantik-cantik. Schloss yang paling terkenal namanya Schloss Sanssouci, dan dia masuk kedalam UNESCO site juga.

hh (3)

hh (2)

3. Jalan kaki sehat

apa sih maksudnya? maksudnya, di Potsdam kamu tidak perlu beli tiket bus atau yang lainnya. Cukup berjalan kaki. Selain sehat, juga hemat. Jalan dari Potsdam Hauptbahnhof sampai ke Schlossnya cukup dekat. Paling tidak 3-4 jam kamu sudah selesai mengitari seluruh landmark-landmark kota Potsdam. Dan landmarknya juga berada disepanjang perjalanan kamu. Pulangnya kalau capek, baru deh beli tiket bus. Lebih hemat kan?

IMG_4835
city centre
IMG_2308
penuh pemandangan sepanjang jalan

4. Instagramable

Sudah aku bilang berkali-kali. Potsdam itu kota yang cantik. Kayaknya, kalau di Potsdam, foto sama tiang listrik aja bisa jadi bagus. Hahaha. Tapi memang iya, kota Potsdam memiliki banyak sekali spot yang sangat instagramable. Yang paling aku suka sih di Hollandisches Viertel.

hh (4)
Hollandisches Viertel

hh (8)

5. Musim gugur tercantik

Menurut aku, the best time untuk mengunjungi kota Potsdam itu waktu musim gugur. Dengan pohon-pohon yang menguning, kota ini terlihat semakin cantiiiikkkk..

IMG_9342

IMG_9332

IMG_9351

IMG_9377

IMG_9363

Gimana? Cantik kan kotanya? jangan lupa ke sempatkan diri ke Potsdam kalau kamu datang ke Berlin ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s