12 hal yang bisa dilakukan di Berlin

Kota Berlin, kota dimana aku tinggal dalam 4 tahun terakhir ini adalah ibukota dari Jerman. Kota ini adalah kota yang bikin aku suka banget buat traveling. Banyak yang bilang sih, mungkin karena ini kota pertama aku waktu keluar negri, jadi akhirnya aku suka sama kota ini. Hmm.. ya mungkin juga.

Tapi selain itu, beberapa hal yang bikin aku suka sama kota ini contohnya : kotanya muda banget. Banyak anak mudanya, belanja gampang, bebas, orang dari berbagai dunia datang kesini untuk belajar, kerja, dan juga menurut aku kotanya indah, walaupun agak kotor. Iya, Berlin cukup kotor. Sampah, tembok yang dicoret-coret, pengemis, bahkan kadang satu kereta bisa bau banget, dll. Kadang itu yang sangat disayangkan dari kota ini.

Banyak juga orang yang datang ke Berlin hanya untuk berlibur. Apa aja sih yang bisa dilakuin di Berlin?

1. Naik bis 100

di beberapa kota di Eropa biasanya disiapkan bus yang namanya hop on hop atau city tour, atau apapun itu. di Berlin juga ada bus hop on hop. Tapi, kalau mau murah, ingin muterin kota dengan bus, naik aja bus 100 di halte pertamanya yang ada di Zoologischer Garten. Bus ini sebenarnya bus kota biasa, tapi bus ini memiliki route melewati landmark-landmark kota Berlin. Dengan tiket biasa kamu bisa muterin kota dengan bis ini. Jangan lupa duduk di lantai kedua bagian paling depan bus ini. Jadi kamu bisa melihat dengan jelas.

768px-Berlin-Stadtrundfahrt_Bus_100

2. Brandenburger Tor

Brandenburger Tor yang juga menjadi landmark kota Berlin adalah salah satu tempat yang harus dikunjungi di Berlin. Berada di Pariser platz, yang juga jadi tempat foto para turis, membuat tempat ini selalu ramai. Oya, kamu juga bisa melihat Siegesäule dari sini. yaitu monumen kemenangan Berlin. Monumennya berdiri segaris lurus dengan Brandenburger Tor, kamu bisa jalan kaki atau naik bis 100 juga untuk kesana.

IMG_2512
Brandenburger Tor

IMG_0477

3. Jalan kaki sampai Alexanderplatz

Kalau kamu kuat, coba deh jalan kaki dari Brandenburger Tor sampai Alexanderplatz. Gak jauh kok. Hanya sekitar 1 – 1,5 jam dan sepanjang jalan itu, banyak yang bisa kamu lihat. Termasuk beberapa tourist attraction kota Berlin juga ada disepanjang jalan itu.

4. Reichstag

Gedung ini merupakan gedung parlemen Jerman. Bagian atasnya ada semacam bola kaca yang bisa kamu masuki. Tapi untuk bisa masuk ke gedung ini, sebaiknya kamu daftar dulu satu minggu sebelumnya. Karena banyak sekali orang yang mau masuk ke gedung ini dan semuanya harus daftar online dulu. Cari saja di google “Reichstag Berlin”

IMG_0942

5. Alexanderplatz

ini adalah centernya Berlin timur. Tempat shopping, u-bahn (kereta bawah tanah), s-bahn (kereta atas), tram, bus bisa kamu temukan semua disini. Kalau kamu ke Berlin di bulan Desember, di Alexanderplatz juga ada 3 Weihnachtsmärkte (Christmas markets) yang keren-keren. Kamu juga bisa menemukan Berliner Fernsehturm yang terkenal disini. Kalau kamu mau naik keatas Fernsehturm, jangan lupa datang dan antri pagi hari, atau antriannya akan panjang sekali.

IMG_2672
Fernsehturm

6. Berliner Dom

Dom atau Cathedral yang letaknya ada di Museum Island ini merupakan gereja protestant yang paling besar di Berlin. Pengunjung diperbolehkan masuk dalam gereja ini. Tapi sayangnya harus bayar kalau tidak salah 3€. Kalau kamu suka ke museum, di sekitar sini juga ada beberapa museum yang keren, seperti Pergamon Museum, Altes Museum, dll.

IMG_2565

IMG_2582

IMG_2586
Altes Museum

7. Gendarmenmarkt

Gendarmenmarkt adalah satu dari square terindah di eropa yang dikelilingi oleh 3 landmarksnya. Konzerthaus (gedung konser), Französischer Dom, dan Deutscher Dom. Oya, tempat-tempat di nomor 2-7 bisa kamu telusuri dengan hanya berjalan kaki. Stasiun terdekat : U2 Stadtmitte

900px-Panorama_Gendarmenmarkt-Berlin-Huntke-2008

8. Checkpoint Charlie

tempat ini adalah titik sebrang yang terkenal dari berlin barat dan berlin timur semasa perang. Pos jaganya masih ada disana yang selalu dijadikan objek foto oleh pengunjung. Stasiun terdekat : U6 Kochstraße

9. East Side Gallery

Tempat ini adalah sisa dari tembok Berlin, yang panjangnya sekitar 1 kilometer. tempat ini juga merupakan gallery open air terpanjang di dunia. Sesaat setelah tembok Berlin diruntuhkan, 118 pelukis dari 21 dunia datang ke tembok ini untuk mengekspresikan opini mereka mengenai politik yang terjadi saat itu.

IMG_0861

IMG_7997

10. Potsdamer Platz

potsdamerplatz adalah sisi modern dari Berlin. Mall, gedung-gedung tinggi ada disini. sedikit jalan dari Potsdamerplatz, kamu bisa menemukan Holocaust Memorial, dan sedikit darisana,kamu bisa menemukan Brandenburger Tor.

11. Shopping di Kurfürstendamm

biasa juga disebut kudamm. ini tempat shopping favorit semua orang di Berlin. Kanan kiri jalan penuh dengan toko-toko seperti Zara, H&M, dll.

12. Daytrip ke Potsdam

Kalau kamu punya cukup waktu, sempatkanlah untuk mengunjungi Potsdam. Kota yang berada tidak jauh dari Berlin. Cukup 30 menit dengan kereta, kamu akan sampai disana. Kotanya indaahhhh sekali. Bisa dibilang itu kota favorit aku. Cek : Potsdam, kota favorit

IMG_4921

Nah, itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan di Berlin. Menurutku, kamu bisa jalan kaki dari satu tempat ketempat lain. Kecuali ke Potsdam yang jauh ya. haha.Jalan kaki di eropa cukup menyenangkan dan juga sehat. Jangan lupa untuk coba curry wurstnya Jerman dan Döner kebabnya yaaa..

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s